Sabtu, 23 November 2013

third

hey yo yo whats up bro/sis,back to me again(sok gaul banget)

biarin aja ngapa ngomen mulu nih(eh gw kan juga diri lo sendiri)

iye iye maaf deh,sorry to myself.

okeh back to the topic untuk pengenalan yang ketiga ini gw mau ngenalin tetangganya bumi yang tinggal paling dekat dengan ketua RT alias matahari siapalagi kalau bukan merkurius.

yup tetangga yang satu ini emang kurang PD untuk nunjukin dirinya agak malu-malu soalnya ketutup sama ke-PDannya matahari dan venus dan lain-lainnya.mau tau buktinya?terbukti kalau planet ini cuma bisa diamati menjelang matahari terbit atau setelah matahari terbenam karena walaupun merkurius itu lumayan terang tapi kan cahayanya tenggelam oleh pancaran sinar matahari.kasihan yaa(iya kasihan juga)

merkurius adalah planet terdekat di matahari,planet kedua terkecil di tatasurya. Jaraknya sama ketua RT cuman 58 juta km,(cumann??)iya ahhh jauh.bergaris tengah atau berdiameter 4.875 km.pas ditelaah sama spekstroskopik memperlihatkan atmosfer sangat tipis,lebih tipis dari mars.

merkurius terdiri dari atom-atom berat gas natrium,potasium.atom-atom ini berasal proses difusi di kerak planet.permukaan mukanya merkurius ini kasar,gelap,dan berpori.makanya sering-sering facial(lanjut donk).

nah merkurius itu dia agak-agak labil suhunya. soalnya sisi merkurius yang menghadap matahari suhu permukaannya 430 derajat(wah demam tinggi itu *bawa kompresan)tapi menurun tajam sampai -180 derajat pada waktu malam(lha gajadi deh *bawa pulang kompresan)

pada tahun 1991 teleskop radio di bumi menunjukan keberadaan lapisan es luas di kawasan kutub planet,kawasan itu tidak tampak oleh mariner 10(siapa dia?). ketika penemuan diumumkan banyak spekulasi mengenai kemungkinan material dari tumbukan-tumbukan komet.

mau tau mariner 10 itu siapa dia itu pesawat yang sempat memotret merkurius dua kali pada tahun 1974 dan 1975.gambar-gambar yang diterima meliputi 45 persen permukaan yang memperlihatkan lapisan serupa bulan,kawah - kawah ada dimana-mana di tipa inci muka planet.

nah untuk si freddy merkuri ini(eh itu salahh)iya iya maksudnya untuk si merkurius ini udah dulu capek ngetik mulu dari tadi.(semangat (^-^)9) thank for reading,bye~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar